USAHA
PENJUALAN MARTABAK TELOR
PROPOSAL
RENCANA BISNIS
Oleh :
NO
|
NAMA
|
NISN
|
1
|
Bina
Maulina
|
0004957743
|
2
|
Nasikhatul
karimah
|
0016849603
|
3
|
Nur
cahyati
|
0004837189
|
4
|
Sarah
fitrianti
|
0000922131
|
PROGRAM
STUDI PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
MADRASAH
ALIYAH NEGERI 19 JAKARTA
JAKARTA
2017
USAHA
PENJUALAN MARTABAK TELOR
PROPOSAL
RENCANA BISNIS
Diajukan
untuk memenuhi salah satu persyaratan
Mata
pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
Oleh:
NO
|
NAMA
|
NISN
|
1
|
Bina
Maulina
|
0004957743
|
2
|
Nasikhatul
karimah
|
0016849603
|
3
|
Nur
cahyati
|
0004837189
|
4
|
Sarah
fitrianti
|
0000922131
|
PROGRAM STUDI
PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
MADRASAH ALIYAH
NEGERI 19 JAKARTA
JAKARTA
2017
DAFTAR
ISI
1.
PENDAHULUAN.............................................................................1
1.1
Latar
Belakang......................................................................1
1.2
Rumusan
Masalah.................................................................3
1.3
Tujuan
dan Manfaat Penulisan..............................................4
1.3.1
Tujuan
Penulisan............................................................4
1.3.2
Manfaat
Penulisan............ .............................................5
2.
RENCANA
BISNIS...........................................................................5
2.1
Visi
dan
Misi..........................................................................5
2.1.1
Visi..................................................................................6
2.1.2
Misi.................................................................................6
2.2
Tujuan
dan Manfaat Bisnis.....................................................7
2.2.1
Tujuan
Bisnis....................................................................7
2.2.2
Manfaat
Bisnis.................................................................7
2.3
Struktur
Organisasi.................................................................8
3.
STRATEGI
BISNIS.............................................................................9
3.1
Kegiatan
Pemasaran dan Promosi Yang Akan Dilakukan ........9
a.
Personal
Selling.................................................................9
b.
Pameran............................................................................9
c.
Brosur................................................................................10
d.
Adversiting/Iklan
..............................................................11
3.2
Target
Pasar...........................................................................12
3.3
Strategi
pemasaran................................................................13
a.
Pengembangan
Produk.....................................................14
b.
Wilayah
Pemasaran..........................................................14
c.
Kegiatan
Promosi..............................................................14
d.
Strategi
Penetapan Harga................................................. 15
4.
Keunggulan
Usaha..........................................................................16
4.1
Usaha
Yang Dihasilkan............................................................17
4.2
Keunggulan
Usaha Yang Dimiliki.............................................18
5.
Analisis
Dampak dan Resiko Usaha.................................................19
5.1
Dampak
Terhadap Masyarakat Sekitar...................................22
5.2
Dampak
Terhadap Lingkungan...............................................23
5.3
Analisis
Resiko Usaha.............................................................24
5.4
Antisipasi
Resiko Usaha..........................................................27
6.
Keberlanjutan.................................................................................29
7.
Proyeksi
Keuangan dan Analisis Laba Rugi......................................30
8.
Rencana
Aktivitas dan Penjadwalan...............................................33
9.
Penutup.........................................................................................33
10.
Kesimpulan....................................................................................34
11.
Saran.............................................................................................34
Kata pengantar
Puji
dan syukur penulis yang sedalam-dalamnya kepada Allah swt. Yang telah
memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan naskah
propasal ini yang berjudul “ usaha penjualan martabak telor “ dapat
diselesaikan.
Dengan
selesainya naskah ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah
memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis menyampaikan
terima kasih yang tulus kepada :
1.bapak dan ibu yang senantiasa
memberikan kasih sayang, nasihat,dukungan semangat,pengorbanan yang tiada tara
serta doa yang tak pernah berhenti mengalir
2. Bapak Ahmad Fauzi, M.Kom, selaku guru
mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang telah meberikan bimbingan,
arahan dan motivasi dalam mengerjakan proposal dengan penuh kesabaran.
3. Teman-teman kelas XI.IIK1 terima kasih
atas kebersamaan, kerja keras dan dukungan motivasinya
Penulis menyadari bahwa penulisan
proposal ini jauh dari sempurna karna masih banyak kekurangan baik dari materi
maupun penyajian, mengingat masih kurangnya pengetahuan dan pengalaman
penulis. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.
Jakarta,
27 November 2017
Penulis
PENDAHULUAN
1.1
latar
belakang usaha makanan martabak telor spesial
banyak masyarakat indonesia yang kurang
peka tentang lingkungan sekitarnya yang bisa menjadi peluang usaha,hal itu
disebabkan karena kurangnya dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dan kurang
nya ilmu yang mengakibatkan pengusaha yang terdapat di indonesia masih sangat
sedikit.oleh sebab itu lapangan kerja dan pengangguran banyak sekali di
indonesia.
Maka
dari itu kami memiliki untuk membuka usaha yang memiliki nilai jual tinggi
hanya dengan memanfaatkan telur sebagai bahan utamanya.
1.2
visi
usaha
memanfaatkan
sumber daya yang ada agar digunakan secara benar
1.3
Misi
usaha
a. Mengedepankan
inovasi produk
b. Menjaga
kualitas dan pelayanan supaya pelanggan puas
1.4
Tujuan
kegiatan usaha makanan
1. Agar
memperoleh keuntungan
2. Membuka
lapangan kerja baru
3. Memanfaatkan
hasil bumi dengan baik
PEMBAHASAN
Martabak
telur keju adalah nama produk kami, penamaan yang demikian di karenakan bahan
baku yang digunakan adalah keju dan telur.biasanya martabak ini merupakan
makanan penunda lapar yang paling enak dan nikmat,tapi kami akan mencoba
membuat produk makanan tersebut berbeda dari yang lain.
Mengapa
kami gunakan keju? Karena kita semua mengetahui bahwa selama ini martabak telor
hanyalah sayuran+telor yang di balut oleh kulit lumpia ,yang di tambahkan
sedikit kuah yang pedas dan juga acar.akan tetapi kami akan menghadirkan sebuah
inovasi baru yang pasti banyak diminati oleh siapapun.
Kami
menggunakan keju dikarnakan rasa martabak sekarang yang terkesan sangat
mononton yaitu rasa telor dan rasa kuah pedas nya saja ,akan tetapi kami akan
menaruh sedikit rasa asin di lapisan kulit lumpia tersebut,dengan cara ini kami
yakin pembeli akan terkesan dengan perpaduan rasa yang sangat berbeda dan
pastinya enak.
2.2 Strategi pemasaran
2.2.1 Segmen pemasaran
Segmen pemasaran
merupakan pembeli dijadikan sebagai target yang akan di capai ,produk yang kami
buat adalah produk yang dapat dinikmati berbagai kalangan yang ada di
masyarakat .produk ini juga bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa.
2.2.2
Target pasar
Target yang kita tempatkan adalah sekitar
kantor-kantor perusahaan ,kampus-kampus, dan sekitar pinngir jalan yang ramai.
2.2.3
postioning
Supaya produk makanan yang kami buat di kenal oleh
banyak orang ,maka kami akan menambahkan resep martabak dengan inovasi terbaru
,seperti pedas.
2.3
Analisis S.W.O.T.
Analisis S.W.O.T (strength weakness
opportunity threat) merupakan acuan untuk menganalisa persaingan usaha.
2.3.1 Strength
Dengan inovasi ini kita pasti akan
diterima diterima di masyarakat.disamping itu kami juga menjadikan produk
makanan ini berkualitas dan dengan bahan dasar yang sangat mudah,dan juga kaya
akan vitamin.
2.3.2 weakness
Produk makanan ini begitu mudah untuk di
contoh
Harga
bahab pembuatan produk yang tidak stabil
2.3.3 opportunity
Produk sejenis sudah ada di masyarakat
akan tetapi kami menambahkan inovasi sehingga berbeda dengan produk yang sudah
ada di masyarakat. Disamping itu produk dengan bahan dasar keju jarang sekali
,maka ini merupakan sebuah peluang yang bagus untuk kedepannya.
2.3.4
threat
Ada
beberapa ancaman dari usaha ini diantaranya:
1. Bahan
baku yang sulit di dapatkan
2. Persaingan
yang tidak sehat
3. Adanya
produk sejenis yang lebih baik, yang mengakibatkan produk kami kalah bersaing.
MANAGEMEN
PRODUKSI
3.1
Proses
produksi
Kegiatan produksi yang kami lakukan adalah sebagai
berikut:
1. Terus
mengembangkan inovasi produk dengan menganalisa pasar yang telah kita bidik.
2. Menentukan
bahan-bahan apa saja yang di perlukan dan juga bahan penunjang selain dari
bahan utama.lalu melakukan survei ke pasar untuk mendapatkan harga yang murah.
3. Dalam
proses produksi dikerjakan dengan standar kerja yang sudah disusun agar proses
produksi berjalan sesuai dengan apa yang kami harapkan
4. Membuat
laporan keuangan,hal ini agar dana dan transaksi yang kita dapatkan bisa kita
analisa dan proses produksi pun akan berjalan dengan lancar.
3.2
Bahan
baku
Untuk proses produksi kami memakai bahan baku sebagai
berikut:
·
Tepung terigu
·
Air
·
Telur ayam
·
Daging sapi cincang
·
Daun bawang
·
Bawang putih
·
Bawang bombay
·
Bawang merah
·
Garam
·
Lada bubuk
·
Telur bebek
·
Kompor gas
·
Gas
·
Plastik
3.3
Cara
membuat produk
1.
Masukkan
bawang putih, bawang merah tumis sebentar lalu masukkan daging, pasta kari aduk
rata
2.
Campurkan bawang bombay, daun bawang dan
telur. Berikan sedikit merica dan garam.
3.
Masukkan
daging yang telah ditumis tadi kedalam campuran bawang, aduk rata
4.
Siapkan
kulit martabak, isikan bahan yang telah dicampur tadi pada kulit martabak,
lipat martabak
5.
Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng martabak
6.
Martabak siap disajika
RENCANA
ANGGARAN
4.1Modal
Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini adalah
·
Tepung terigu 400 gram @ Rp.300.000
·
Garam @
Rp.2000
·
Telur ayam @ Rp. 5.000
·
Minyak goreng @ Rp. 20.000
·
Daging sapi @ Rp. 50.000
·
Daun bawang @ Rp. 5.000
·
Bawang putih @ Rp. 10.000
·
Bawang bombay @ Rp. 15.000
·
Bawang merah @ Rp. 10.000
·
Lada bubuk @ Rp. 5.000
·
Telur
bebek @ Rp. 30.000
@
Rp. 452.000
Total biaya :
perlengkapan+bahan baku+biaya lain-lain = 587.000
Dimana dalam
satu produksi kami membuat 20 porsi dengan modal 587.000
4.2penentuan
harga jual produk
HPP(
harga pokok produksi ) = biaya total /hasil produksi = 587.000/20 porsi
Harga
jual = harga pokok + laba = 1.750 + 30.000 = 31.750.
4.3laba
rugi
laba
= ( hasil produksi x harga jual ) - modal = (31.750. x 30.000) – 587.000
=365.500.
Presentasi
laba = laba/ modal x 100% = 365.500/587.000 x 100% =1.6%
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Martabak telur keju adalah produk yang berbahan dasar
daging sapi dan keju yang diberi sedikit inovasi agar bisa diterima oleh
masyarakat luas.
Dengan
harapan produk ini bisa diterima di masyarakat dan digemari oleh para pembeli.
5.2 saran
Proposal ini jauh dari kata sempurna oleh karena itu
kami mengharapkan saran dan kritik yang bisa membuat proposal ini lebih baik
lagi.
Sekian proposal ini dibuat,semoga usaha yang akan kami jalankan berjalan
dengan lancar dan bisa memberikan dampak yang baik di masyarakat.
Tidak ada komentar:
Write komentar